Cara Instal Dapodik Versi 3.00

Sudah generasi ketiga aplikasi dapodik bersama kita. saat ini sudah diluncurkan aplikasi dapodik versi 3.00 yang konon kabarnya lebih mempermudah ops dalam pengerjaanya.tapi semua pekerjaan kalo kita kerjakan dengan sungguh2 dan penuh keikhlasan Insya Allah akan menjadi mudah.
Okey para Opser kita langung menuju ke langkah-langkah instalasi dapodik versi 3.00.
  1. Uninstal semua aplikasi dapodik sebelumnya di kompi/lepi ops dan prefill-prefillnya, baik itu di C,D,E,F dst. jangan sampai tersisa satupun. gunakan cc cleaner ato alat pembersih registry lainya supaya lepi/kompi bersih dari sampah2 registry.
  2. Setelah itu lakukan Generate prefill bisa menggunakan kode registrasi maupun NPSN di disini
  3. Usahakan Generate Prefill sampai selesai dan berhasil. setelah itu unduh prefillnya http://118.98.166.68/laman/prefill dan pasang di drive C:\prefill_dapodik.
  4. Selanjutnya Instal Aplikasi Dapodik versi 3.00 kalo belum punya bisa di unduh Disinidalam instal diusahakan klik kanan run as administator.
  5. Pastikan sampai selesai instal aplikasi dapodik versi 3.00, dan lakukan registrasi, registrasi dianggap berhasil di drive C:\prefill_dapodik prefillnya akan hilang. kalau tidak hilang berarti registrasi tidak berhasil.

  6. Simpan dan sebelum login tekan ctrl f5, masukkan username dan password yang telah diregistrasikan tadi, jika berhasil akan masuk pada halaman depan dapodik, jika ternyata ditemui warning "sebagian kode registrasi tidak ditemukan atau sebagaian data tidak ditemukan. kemungkinan prefill belum di generate, dan belum memasang prefill yang sudah di generate. 
  7. Selanjutnya kita menuju ke tab sekolah cek kembali data sekolah dengan benar untuk menghasilkan data yang berkualitas.
  8. Setelah itu kita menuju ke tab Peserta Didik (PD). Langkah pertama kita keluarkan dahulu kelas 6 Th Pelajaran 2013/2014 dengan meregistrasi siswa tersebut di luluskan, dan tambah siswa untuk siswa baru kelas 1, beda dengan siswa mutasi dari sekolah lain pilih menu tambahan. cek dan isi data siswa dengan benar karena data siswa ini untuk pencairan BOS, beasiswa dll.
  9. Tab PTK silahkan gunakan action menu untuk Salin penugasan dari tahun sebelumnya, tapi ingat sk penugasan diisi tahun pelajaran saat ini.yang perlu diperhatikan dalam tab PTK ini adalah NIP, SK Kepangkatan, SK Gaji Berkala, dan sertifikasi. 
  10. Tab Sarpras Silahkan update data sarpras di sekolah agan semua sesuai kondisi tahun 2014/2015.
  11. Rombongan Belajar buatlah maping dari kelas 1-6 dan untuk membagi jam bagi guru.
  12. bersambung
Comments
0 Comments