Cara Backup Dengan BSD 207

Aplikasi dapodikdas patch 206 memiliki bsd atau bantuan singkron dapodik versi 206 dan saat ini aplikasi dapodik sudah patch 207 sehingga dikeluarkan pula bantuan singkron dapodik versi 207. yaitu membantu singkron bilamana OPS susah untuk sync normal dengan aplikasi dapodik.
Yang perlu djperhatikan adalah cara instalasi dan baca panduan yang ada dibawah ini. BSD versi 207 berbeda dengan yg sebelum nya, karena BSD 207 para operator sekolah bisa langsung mengirimkan hasil backup secara otomatis (selama terkoneksi ke Internet) ke server P2TK DIKDAS, jadi OPS tidak perlu ke dinas pendidikan setempat dan Operator Tunjangan tidak terbebani harus menguploud file bsd seluruh sekolah se kabupaten/kota ke server P2TK DIKDAS yang jumlahnya tidak sedikit.
P2TK akan menggunakan BSD hingga waktu yang belum ditentukan, BSD 207 ini digunakan oleh P2TK DIKDAS untuk keperluan tunjangan, penilaian angka kredit dan penentuan siapa yg bisa di Inpasing bagi Guru Bukan PNS pada tahun 2014.
Oleh sebab itu yang harus diperhatikan adalah :
  1. Sebelum instalasi BSD 207 pastikan semua app dapodik pada op sekolah sudah menggunakan app dapodik versi 207
  2. Perhatikan kevalidan data pada Local
  3. Sangat penting bagi semua sekolah menginstal aplikasi BSD 207

Sebelum melakukan instalasi disarankan untuk mencopot/uninstall aplikasi BSD yang lama terlebih dahulu, selanjutnya :
  1. Unduh file instalasi dapodik helper atau bsd 207 dari sumber penyedia. bisa di unduh disini
  2. Masuk ke lokasi penyimpanan hasil unduhan dapodik helper atau bsd 207.
  3. Jalankan installer dengan cara melakukan klik dua kali atau (disarankan) klik kanan pada file installer kemudian pilih Run as Administrator.
  4. Akan tampil jendela instalasi aplikasi kemudian pilih tombol Next.
  5. Tampilan selanjutnya adalah persetujuan lisensi kemudian pilih tombol Next.
  6. Pada pilihan tujuan instalasi disarankan untuk membiarkan tujuan yang sudah secara otomatis dipilih oleh aplikasi installer, kemudian klik tombol Next. 
  7. Apabila sebelumnya pernah memasang aplikasi BSD akan muncul konfirmasi folder yang sama sudah ada kemudian pilih tombol Yes untuk melanjutkan. 
  8. Pada tahap pemilihan folder start menu lanjutkan dengan memilih tombol Next. 
  9. Tahap selanjutnya adalah tawaran untuk memasang icon pada desktop sangat isarankan untuk mempermudah penggunaan, pilih Create desktop icon kemudian pilih tombol Next. 
  10. Untuk memulai proses instalasi pilih tombol Install, apabila masih belum yakin dengan pengaturan sebelumnya silahkan pilih tombol Back, sedangkan untuk membatalkan proses instalasi pilih tombol Cancel. 
  11. Proses instalasi membutuhkan waktu beberapa menit (tergantung kondisi komputer), apabila proses instalasi selesai akan muncul jendela terakhir yang menyatakan proses instalasi sudah selesai, klik tombol Finish untuk menutup jendela installer.

 Berikut kami berikan Langkah langkah Proses Bakcup Data Dapodik atau BSD :
  1. Buka aplikasi BSD yang sudah terpasang pada komputer (disarankan dengan cara klik kanan pada icon kemudian pilih Run as Administrator). 
  2. Tampilan pertama aplikasi akan menampilkan daftar sekolah yang tersimpan pada komputer tersebut, pilih salah satu (apabila lebih dari satu) kemudian pilih tombol Lanjutkan.
  3. Proses backup akan langsung dimulai tahapan demi tahapan seperti yang tampil pada kotak putih.
  4. Selama proses belum selesai maka tombol ‘Kembali’ dan ‘Simpan’ dalam kondisi tidak aktif, apabila proses berhasil maka akan tampil seperti berikut.
  5. File hasil backup langsung dikitim ke server P2TK dikdas, disarankan menyimpan file pada komputer lokal juga dengan memilih tombol Simpan. bila terjadi kegagalan coba ulangi beberapa kali sampai berhasil selesai seperti gambar langkah nomor 4.
  6. Pengiriman ke server secara langsung dibatasi tiap hari tiap sekolah. Apabila telah berhasil mengirimkan pada pengiriman selanjutnya akan tampil seperti berikut. dan bila gagal file yang disimpan tadi bisa dikirim ke Operator Tunjangan Dinas Setempat untuk di uploud melalui aplikasi Sim Tunjangan.

Demikian langkah langkah backup dengan BSD 207, tidak ada niat menggurui atao sok teu akan tetapi lebih dikarenakan kita sama sama pekerja data, maka saling tukar informasi dan meneruskan informasi dari Admin Dapodikdas maupun Admin P2TK DIKDAS.

selamat bekerja dan berkarya dalam mewujudkan data yang berkualitas.

  
Unduhan : Aplikasi BSD207 BSD dan Dapodikhelper Compatible 207
repost by Admin P2TK DIKDAS

Comments
0 Comments